SELAMAT DATANG SEMOGA BERMANFAAT

MUTASI

Perubahan struktur genetic yang menyebabkan perubahan alel dan fenotip makhluk hidup . Syarat :
-          Adanya perubahan materi genetic (DNA)
-          Bersifat dapat atau tidap dapat diperbaiki
-          Hasil perubahan diwariskan secara genetic pada keturunan


Berdasarkan tempat terjadinya maka dibagi atas 2 mutasi :

MUTASI GAMETIK : Mutasi pada sel sel gamet dan diwariskan kepada keturunannya. Gen yang mengalami mutasi dalam gamet dapat berupa mutasi autosomal.

MUTASI SOMATIK : Mutasi pada sel sel soma (sel tubuh) dam tidak diwariskan kepada keturunannya. Mutasi ini dapat menyebabkan cacat pada janin, kanker, dkk.

TINGKAT MUTASI

Mutasi Gen :
Perubahan yang terjadi pada nukleotida DNA (disebut juga mutasi titik). Jika merugikan dapar menyebabakan cacat pada individu.
·      Subsitusi : pasangan basa merupakan penggantian satu nukleotida dan pasangannya dalam untai DNA komplementer dengan pasangan nukleotida lain.  Substitusi menghasilan mutasi diam (perubahan tidak mempengaruhi kode genetic), mutasi salah arti, dan mutasi tanpa arti.
· Ininsersi dan Delesi: penambahan atau pengurangan satu atau lebih pasangan nukleotida pada satu gen. dapat menyebabkan hilang atau bertambahnya asam amino pada polipeptida.

MUTASI KROMOSOM
Perubahan materi genetic yang disebabkan oleh perubahan pada kromosom. Dikarenakan kesalahan pada pembelahan sel sehingga merusak susunan kromosom dan mengubah jumlah kromosom.

·  Perubahan susunan kromosom : delesi (penghilangan), duplikasi (penggandaan), inverse (pembalikan susunan), dan translokasi (penempatan susunan ulang).
·     Perubahan jumlah kromosom :
-          Euploid : variasi dalam sejumlah set dasar yang disebut genom. (monoploid, diploid, tetrapoid, pentaploid, heksaploid, poliploid. Euploid dibedakan menjadi autopolyploid dan alopoliploid. Autopoliploid merupakan kelipatan jumlah kromosom yang berasal dari spesies yang sama. Sedangkan alopoliploid berasal dari spesies yang berbeda.
-          Aneuploid : Variasi jumlah kromosom yang diakibatkan adanya pengurangan atau penambahan satu atau sejumlah kecil kromosom, tetapi tidak berlangsung pada seluruh set genom.

Sumber Mutasi :
            Disebabkan oleh mutagen yang berasal dari alam maupun buatan. Zat zat mutagenic juga dapat mempengaruhi jalannya replikasi DNA yang menyebabkan terjadinya mutasi.

 Penyakit dan kelainan:

·         Syndrom down (mongolisme) : trisomi pada autosom 21 (laring), jari jari pendek dan tebal, leher pendek, suka senyum, cenderung leukemia, gigi jarang dan tak teratur, terdapat sidik loop radial pada puncak jari.

·         Syndrom klinefelter (xxy) : testis mengecil, payudara membesar, pinggul besar, suara nyaring, lengan dan kaki panjang.

·         Syndrom turner (xe) : mandul, ovarium tidak sempurna, payudaa kecil dan lebar, gelambir leher lebar.
·         Syndrom Jacob (xyy):  sadis, wajah seram, anti social.

·         Cri du cat : mati muda, pita suara kecil, mikrosepali, suara tangis seperti kucing.

·         Syndrom Edward : cacat autosom 18 (trisomi), kelainan organ dalam, mulut kecil, keterbelakangan mental.

·         Syndrom wanita super : kelainan organ seks (mandul)

Newer Post Older Post Home